Tera Phenomenon atau Terastallize, Mekanisme Gimmick Pertarungan Baru di Pokemon Scarlet & Violet

Tera Phenomenon atau Terastallization atau Terastallize adalah gimmick pertarungan terbaru dari seri game Pokemon Scarlet & Violet di region Paldea.

Pokemon – Pokemon Scarlet & Violet yang akan dirilis di akhir tahun 2022, rupanya tidak hanya menampilkan beberapa jenis pokemon baru yang dapat ditangkap oleh para trainer pokemon ketika berpetualang di region Paldea nantinya.

tera phenomenon
Tera Phenomenon atau Terastallize (© Pokemon Company/Nintendo)

Seri game pokemon generasi 9 ini juga mengusung beberapa mekanisme baru lainnya dalam permainan seperti seperti fitur co-up hingga 4 pemain, sistem jelajah open-world, fitur pertarungan baru dan banyak lainnya, yang dapat kalian lihat penjelasan lengkapnya dalam artikel Fitur Baru dalam Game Pokemon Scarlet & Violet.

Seperti seri-seri sebelumnya, pengembang game Pokemon yaitu Pokemon Company dan Nintendo selalu memberikan fitur baru dalam tiap generasi permainanya, mulai dari shiny pokemon, regional pokemon hingga gimmick-gimmick dalam pertarungan pokemon seperti Mega-Evolution yang muncul di region Kalos, Z-Move di region Alola hingga Gigantamax serta Dynamax di region Galar. 

Tidak berbeda dengan tradisi dari seri-seri game sebelumnya, Pokemon Scarlet dan Violet juga tidak ketinggalan mengusung mekanisme baru. Untuk fitur pertarungan atau gimmick pertarungan baru yang diusung dalam seri permainan Pokemon generasi 9 tersebut, dinamakan dengan Terastallization atau Tera Phenomenon.

Tera Phenomenon, Merubah Bentuk Pokemon Layaknya Berlian dan Mahkota yang Unik

fuecoco
Terastallize Fuecoco (© Pokemon Company/Nintendo)

Tera Phenomenon atau Terastallization atau Terastallize adalah nama gimmick pertarungan terbaru dari permainan Pokemon yang hanya ditemukan di region Paldea. Perubahan ini membuat pokemon yang terkena Tera Phenomenon akan memiliki bentuk tubuh mengkilap layaknya berlian, ditambah juga dengan munculnya mahkota unik yang akan berbentuk sesuai dengan tipe tera dari pokemon.

Jika dilihat sekilas dari teaser dan presntasi promo terbaru dari game-nya, mekanisme perubahan dari Tera Phenomenon cukup mirip dengan Mega-Evolution karena perubahan bentuk ini tidak memiliki batasan waktu tertentu dalam penggunaannya seperti pada Dynamax dan Gigantamax.

fuecoco
Terastallize Fuecoco (© Pokemon Company/Nintendo)

Perubahan akan dapat bertahan hingga akhir dari pertarungan, dengan kata lain selama pokemon yang melakukan Tera Phenomenon tidak kalah dalam duel atau battle telah diakhiri maka bentuk Terastallization tetap akan aktif, mirip dengan mekanisme Mega-Evolution. Namun, bedanya pada pokemon yang mengalami perubahan Terastallize, bentuk tubuhnya tidak banyak berubah dari bentuk normalnya, hanya saja muncul mahkota bernama “Tera Jewel” yang berbentuk sesuai dengan tipe tera dari tiap pokemon.

Tera Orb, Kunci Mengakses Terastallize atau Tera Phenomenon

Tera orb
Tera Orb (© Pokemon Company/Nintendo)

Layaknya, gimmick pertarungan dari generasi dan region sebelumnya. Fenomena perubahan dalam duel bernama Terastallize ini hanya dapat diakses oleh syarat tertentu. Selain syarat eksklusif Pokemon Scarlet & Violet seperti hanya bisa dilakukan di region Paldea. Ada pula syarat lainnya seperti perlu kunci akses berupa item tertentu.

Jika di Mega-Evolution perlu Mega-Stone dan Key-Stone, di Z-Move perlu Z-Crystal dan Z-Ring, di Gigantamax/Dynamax membutuhkan Dynamax Band. Maka di region Paldea, para trainer membutuhkan item bernama Tera Orb. Disebutkan item ini berisi energi bernama Terastal Energy yang akan langsung habis setiap kali digunakan, untuk mengisinya kembali para trainer perlu mengisi ulang di Pokemon Center.

fitur terastallize
Fitur Terastallize (© Pokemon Company/Nintendo)

Lokasi pasti dari item ini bisa didapatkan belum disebutkan sejauh ini. Namun, pastinya item original dari region Paldea yang disebutkan hanya bisa dibawa oleh para trainer terpilih ini bisa didapatkan jika mengikuti alur cerita dalam permainan nantinya.   

Tipe Tera Pokemon, Merubah Tipe Pokemon?

duel slowking dan dragonite
Duel Terastallize antara Slowking dan Dragonite (© Pokemon Company/Nintendo)

Menurut presentasi promosi beberapa waktu lalu, Tera Phenomenon merupakan kunci untuk kemenangan dalam tiap pertarungan pokemon di region Paldea. Jika dilihat dari mekanisme dari video promosi-nya, kalimat tadi tidaklah dilebih-lebihkan. Meskipun secara visual masih sangat menimbulkan perdebatan, tapi Terastallize pada pokemon dapat meningkatkan kekuatan pokemon selama duel. Tentunya peningkatan kekuatan ini disesuaikan dengan jenis Tera yang dimiliki oleh Pokemon.

Tera Phenomenon akan menawarkan perubahan dalam strategi bertarung karena perubahan ini bisa dibilang akan dapat merubah tipe pokemon kalian. Perubahan ini memiliki mekanisme seperti move-set Hidden Power yang akan memiliki atribut tipe sesuai tipe tersembunyi dari pokemon, dan sangat bisa berbeda dengan tipe asli pokemon-nya.

Jika pokemon mu adalah Fuecoco dan tipe tera dari pokemon mu adalah tipe Fire, maka setiap move bertipe Fire dari Fuecoco akan meningkat secara signifikan. Perubahan ini juga mampu merubah kelemahan dari pokemon mu, semisal pokemon mu awalnya bertipe Normal namun memiliki tera bertipe Water maka serangan move-set dari tipe Fighting tidak lagi jadi masalah bagi Pokemon mu setelah menggunakan Terastallization.

Pokemon dapat Memiliki Tipe Tera yang Berbeda-beda

tera pikachu
Terastallize pada Pikachu (© Pokemon Company/Nintendo)

Batasan gimmick terbaru dari region Paldea ini belum disebutkan, bahkan satu pokemon dapat memiliki potensi perubahan Tera Phenomenon dengan tipe-tipe yang berbeda, tipe tera bahkan tidak pasti sama dengan tipe asli dari si pokemon. Sebagai contoh sejauh ini, telah dimunculkan Terastallize dari Pikachu yang merupakan pokemon bertipe Electric, rupanya dapat memiliki bentuk perubahan Terastallize bertipe Flying Tera.

Di sisi lain pada teaser diperlihatkan pada Eevee yang bertipe Normal ternyata dapat mengakses beberapa tipe berbeda. Diperlihatkan Eevee yang dapat melakukan Terastallize bertipe Water Tera, Fire Tera dan Grass Tera.

Eevee tera phenomenon
Dua Tera Phenomenon pada Eevee (© Pokemon Company/Nintendo)

Sampai saat ini belum disebutkan batasan dari tipe yang dapat diakses dari Terastallization. Bahkan disebutkan perubahan ini mengikuti dengan jumlah total tipe pokemon yang ada hingga saat ini, yaitu 18 tipe. Membuat kemungkinan dari strategi yang dapat tercipta berdasarkan kombinasi dari Pokemon dan tipe tera selama duel menjadi tidak terbatas.

Tertarik pada literatur tentang Biologi, sejarah peradaban kuno dan pop culture Jepang

Posting Komentar

-->