Fitur Baru dari Pokemon Scarlet & Violet, Gimmick Pertarungan Baru dan Menjelajah Kota dengan Menaiki Legendary Pokemon

Pokemon Scarlet & Violet yang akan dirilis di akhir tahun 2022 ini akan menghadirkan beberapa fitur baru yang dapat meningkatkan pengalaman bermainmu

Pokemon – Game terbaru dari Pokemon Company bersama Nintendo yang akan diluncurkan secara global di akhir tahun ini. Dua seri game open-world RPG bernama Pokemon Scarlet dan Pokemon Violet yang dikembangkan oleh Game Freak itu akan didistribusikan dan dapat dimainkan melalui platform Nintendo Switch.

Menaiki Legendary Pokemon
Pokemon Scarlet and Violet (© Pokemon Company/Nintendo)

Seperti disebutkan sebelumnya, seri terbaru dari game Pokemon serta pokemon gen 9 ini nantinya juga akan mengusung sistem open-world. Sebuah sistem baru dan pertama kalinya digunakan dalam seri permainan Pokemon. Purwarupanya memang telah digunakan dalam seri sebelumnya di game Pokemon Legends: Arceus yang baru saja dirilis di awal tahun 2022.

Namun, tidak hanya itu saja fitur baru yang dibuat dan disuguhkan bagi para pemain game Pokemon Scarlet dan Violet nantinya. Masih terdapat beberapa fitur-fitur baru yang diaplikasikan dan ditambahkan demi meningkatkan pengalaman bermain bagi para player yang bermain peran sebagai seorang trainer pokemon di dalam game.

Berdasarkan presentasi promosi terbarunya yang tayang pada tanggal 3 Agustus lalu. Berikut beberapa fitur baru yang diusung oleh game Pokemon Scarlet & Violet, seri game terbaru dari pokemon gen 9.

Region Baru dengan Nama Paldea

region paldea
Region Paldea (© Pokemon Company/Nintendo)

Game baru dan setting lokasi baru merupakan kebiasaan dan ciri khas yang sudah lama diberikan Pokemon Company dan Nintento pada para pengguna permainan Pokemon. Sebagai game terbaru dari generasi 9, tentu Pokemon Scarlet & Violet juga menghadirkan suasana serta pengalaman bermain baru dengan membuat region baru sebagai latar permainan bernama region Paldea.

Region Paldea, menampilkan beberapa arsitektur bangunan serta bentang alam yang cukup mirip dengan kontur dan gaya wilayah di daerah Iberia atau Semenanjung Iberia. Wilayah yang secara geografis terletak di negara Spanyol dan Portugal. Umumnya memang tiap region baru dari game Pokemon akan mengambil Kota atau Negara tertentu sebagai referensi, sepertinya region baru Paldea mengambil referensi dari negara Spanyol dalam pembuatannya.

Secara bahasa juga, kata Paldea memiliki kedekatan dengan kata “Alde” yang dalam bahasa Spanyol dan Portugis berarti “village’’ atau “desa”.

Menjelajah Seluruh Sudut Region dengan Sistem Open-Wold

Pokemon scarlet and violet
Pokemon Scarlet and Violet (© Pokemon Company/Nintendo)

Seperti disebutkan di awal, game pokemon terbaru ini nantinya akan mengusung mekanisme baru dan pertama kalinya diterapkan dalam game Pokemon. Mekanisme bernama open-world ini nantinya akan membuat para pemain dapat menjelajahi setiap sudut lokasi dalam permainan dengan bebas.

Pengalaman bermain ini sebenarnya telah mulai diterapkan pada Pokemon Legends: Arceus, tetatpi masih berupa tipe purwarupa dan masih banyak area permainan yang belum bisa dijelajahi. Namun, dalam Pokemon Scarlet & Violet para pemain disebut dapat menjelajahi lebih banyak area yang ada dalam permainan. Menjelajah tiap lokasi dan merasakan pengalaman bermaian yang lebih nyata.

Pokemon dengan Tampilan dan Desain Baru

Permainan Pokemon tentu tidak lengkap tanpa adanya para makhluk misterius yang dapat ditangkap dan dijadikan sebagai rekan dalam duel dan petualangan kalian, bernama Pokemon. Para monster yang dapat ditangkap dengan PokeBall itu telah muncul dalam berbagai bentuk dan jenis dari awal game ini diluncurkan. Tercatat setidaknya telah ada sekitar 900-an pokemon yang telah muncul sejak generasi 1 hingga yang terbaru di generasi 8, termasuk Pokemon dari region Hisui yang muncul dalam game Pokemon Legends: Arceus.

Game Pokemon terbaru, Pokemon Scarlet & Violet tentu masih akan menjaga tradisi tersebut, dengan memunculkan beberapa pokemon unik dan baru dari generasi 9 nantinya. Tercatat hingga pengumuman terbaru dari Pokemon Company beberapa waktu lalu, telah ditampilkan sebanyak 11 pokemon baru, termasuk tiga pokemon starter region baru, legendary pokemon region baru hingga pokemon dengan form regional baru.

Trio Starter

sprigatito quaxly dan fuecoco
Sprigatito, Quaxly dan Fuecoco (© Pokemon Company/Nintendo)

Dalam Pokemon Scarlet & Violet terdapat 3 pokomen yang dapat kamu pilih sebagai pokemon pertama yang menemani petualanganmu sebagai pokemon trainer. Terdapat pokemon kucing bernama Sprigatito dengan tipe Grass, pokemon berbentuk buaya bernama Fuecoco dengan tipe Fire dan terakhir pokemon berwujud bebek dengan tipe Water, bernama Quaxly.

Ketiganya merupakan trio starter yang dapat kamu pilih di awal permainan nantinya. Selain itu juga ditampilkan beberapa pokemon baru lainnya dari region Paldea seperti Lechonk, Fidough, Smoliv, Cetitan dan Pawmi. 

Regional Form Pokemon

paldean wooper
Paldean Wooper (© Pokemon Company/Nintendo)

Selain pokemon baru, terdapat pula pokemon lama dengan form atau wujud baru yang hanya ada di region tertentu atau varian regional pokemon. Biasanya pokemon ini nantinya akan memiliki garis evolusi berupa form baru dari tahap evolusi lanjutannya atau bahkan menjadi pokemon baru yang khusus dari regional tersebut.

Nah, di region Paldea kita diberikan wujud baru dari Wooper atau Paldean Wooper. Kalau di region sebelumnya pokemon berwujud axolotl ini berwarna biru dengan tipe Water/Ground. Paldean Wooper berwarna coklat dengan tipe Poison/Ground.

Legendary Pokemon

koraidon dan miraidon
Koraidon dan Miraidon (© Pokemon Company/Nintendo)

Tentu saja terdapat legendary pokemon baru yang eksklusif dalam Pokemon Scarlet & Violet. Jika kalian memilih memainkan Pokemon Scarlet, kalian nantinya akan bertemu dengan legendary pokemon bernama Koraidon. Namun, jika kalian memilih Pokemon Scarlet, kalian akan memiliki kesempatan untuk menangkap Miraidon.

Sampai saat ini belum ada pengumuman resmi terkait tipe dari kedua pokemon eksklusif tersebut. Namun, sudah pasti membuat pemain sudah mulai kebingungan dalam memilih versi game pokemon mana yang akan dipilih untuk dimainkan. Pilihan ditangan kalian, jadi pikirkan baik-baik kalian ingin menangkap Koraidon atau Miraidon nantinya.

Menjelajahi Seluruh Area dengan Mengendarai Legendary Pokemon

pokemon scarlet & violet
Pokemon Scarlet & Violet (© Pokemon Company/Nintendo)

Fitur baru lainnya dari Pokemon Scarlet & Violet, yaitu bepergian menaiki legendary pokemon. Jika umumnya pemain dapat menjelajahi permainan dengan berjalan kaki, menaiki sepeda hingga menunggangi pokemon dengan batasan tertentu.

Jika sebelumnya kalian harus mengganti pokemon untuk tiap mode transportasi di game sebelumnya. Kalian nantinya bisa mengendarai legendary pokemon kalian, Koraidon atau Miraidon. Ditambah lagi, kalian bisa menaiki keduanya untuk bepergian layaknya kendaraan di berbagai area seperti di darat, di laut ataupun di udara. Keduanya bisa merubah penampilannya sesuai kebutuhan dan menyesuaikan dengan lokasi. Keren bukan?

Gimmick Pertarungan Baru, Terastallization atau Terastal Phenomenon

terastal phenomenon
Terastal Phenomenon (© Pokemon Company/Nintendo)

Dalam beberapa game Pokemon dari generasi sebelumnya, selalu ditampilkan gimmick pertarungan baru yang eksklusif dalam tiap generasi. Seperti Mega-Evolution di Pokemon X & Y, Z-Move di Pokemon Sun & Moon dan terakhir Dynamax serta Gigantamax di Pokemon Sword & Shield.

Di region Paldea terdapat gimmick pertarungan yang disebut Terastallization yang terjadi karena Terastal Phenomenon atau fenomena Terastal yang hanya terjadi di region baru tersebut. Dalam kondisi Terastallization para pokemon akan mendapatkan wujud yang mengkilap seperti berlian.

Wujud ini juga akan menambahkan ornament mirip mahkota di atas kepala pokemon, mahkota ini akan menyesuaikan dengan tipe tera yang ada di tiap pokemon dan meningkatkan kemampuan serangan pokemon. Sejauh ini Terastallization atau Terastallize ini terlihat memiliki mekanisme seperti Mega-Evolution yang dapat merubah wujud dan tipe pokemon dan tidak terbatas waktu tertentu. Perubahan ini akan bertahan sampai akhir pertarungan.

Membuat Rute Permainan Sendiri

Pokemon Scarlet & Violet memiliki 3 rute permainan utama, salah satunya adalah rute Gym Battle. Rute permainan yang sudah sangat umum dilakukan para pemain lama ini mangharuskan para trainer pokemon untuk menantang tiap ketua Gym demi mendapatkan lencana atau badge yang menjadi syarat utama untuk berkesempatan menantang Champion di tiap region.

Bedanya, di region Paldea tidak terdapat aturan khusus yang mengharuskan pemain untuk menghadapi para 8 ketua Gym atau Gym Leader di tiap kota sesuai urutan tertentu, seperti sebelumnya. Kali ini para pemain dapat menantang siapa saja Gym Leader yang ingin mereka hadapi terlebih dahulu, sesuai keinginan dan rute permainan yang mereka inginkan.

Namun, untuk dua rute lainnya masih belum diberitahukan hingga saat ini.

Mengajak Teman Bermain Bersama, Akses Multiplayer Hingga 4 Player Sekaligus

multiplayer 4 pemain
Multiplayer hingga 4 Pemain (© Pokemon Company/Nintendo)

Bermain bersama dengan teman tentu merupakan pengalaman bermain yang cukup menyenangkan, karena itu Pokemon Scarlet & Violet mencoba mengakomodasi kebutuhan tersebut dengan membuat mekanisme yang memungkinkan player dapat bermain bersama dengan 3 orang temannya dalam permainan.

Mekanisme multiplayer yang dapat mengakomodir hingga 4 pemain ini memungkinkan kalian untuk dapat berkeliling region Paldea sambil menaiki legendary pokemon bersama dengan teman. Tentunya akan membuat pengalaman bermain yang lebih ramai dan menyenangkan bukan? 

Tertarik pada literatur tentang Biologi, sejarah peradaban kuno dan pop culture Jepang

Posting Komentar

-->