6 Pokemon Pertama dari Tim Original Milik Satoshi (Ash), Kondisi dan Lokasi Mereka Saat Ini?

Pada seri anime perdana Pokemon, Satoshi (Ash) memiliki 6 pokemon pertama atau tim original miliknya. Bagaimana kondisi dan di mana lokasinya saat ini

Pokemon – Setelah tayang selama lebih dari dua dekade, series anime Pokemon yang diproduksi studio OLM telah menampilkan berbagai jenis Pokemon dari generasi pertama hingga generasi 8 yang sedang tayang saat ini dengan seri terbaru berjudul Pokemon Journeys yang tayang perdana pada 2019 lalu.

Satoshi bersama ketiga pokemon dari tim original lamanya
Satoshi bersama ketiga pokemon dari tim original lamanya (© OLM)

Selama penayangannya, protagonist utama seri anime Pokemon yaitu Satoshi (Ash) telah menyinggahi berbagai region daerah dalam semesta Pokemon dengan berbagai jenis dan tipe pokemon berbeda sepanjang perjalanannya menjadi seorang Pokemon Master. Selama itu pula Satoshi (Ash) terus bertarung bersama setiap pokemon yang dilatihnya di tiap region tersebut.

Uniknya tiap berpindah region, Satoshi (Ash) acap kali merubah susunan tim pokemon miliknya dengan meninggalkan pokemon lama yang dia dapatkan di region terdahulu dan telah dia latih sebelumnya. Umumnya pokemon lama Satoshi akan dititipkan di laboratorium milik Prof. Oak di kota tempat asalnya -ada juga beberapa yang dititipkan di rumah Prof. Kukui di region Alola-.

Karena kebiasaan menyusun ulang tim pokemonnya kembali dari nol di tiap region inilah yang membuat jumlah pokemon yang telah ditangkap oleh Satoshi (Ash) berjumlah cukup banyak -belum lagi ditambah pokemon yang ditangkap kemudian dilepaskan kembali karena alasan tertentu-. Bahkan hingga tulisan ini ditulis jumlahnya kemungkinan masih dapat terus bertambah, mengingat perjalanan Satoshi (Ash) menjadi Pokemon Master masih dapat berlanjut dalam seri-seri anime Pokemon selanjutnya selepas series Pokemon Journeys.

Namun begitu, terdapat 6 pokemon dari tim original atau original team yang pernah dilatih oleh Satoshi (Ash) dalam seri perdana anime Pokemon. Tim original ini adalah kumpulan dari 6 pokemon pertama yang ditangkap dan dilatih oleh Satoshi (Ash). Mengapa hanya 6 pokemon saja yang termasuk dalam tim original? Sebenarnya pada seri perdana anime Pokemon, Satoshi (Ash) meng-capture lebih dari 6 pokemon berbeda, hanya saja dalam semesta Pokemon baik dalam gim maupun anime-nya terdapat satu aturan wajib yang membuat seorang trainer pokemon hanya dapat menggunakan 6 pokemon saja dalam rotasi permainan atau satu waktu.

Begitu kalian menangkap pokemon ketujuh dan seterusnya, pokemon tersebut akan langsung tersimpan dalam kotak penyimpanan atau box pokemon. Demikian juga pada anime, nantinya trainer harus memindahkan salah satu dari keenam pokemon lamanya ke ruang penyimpanan atau memilih menyimpan pokemon terbaru yang baru saja ditangkapnya.

Begitu pun Satoshi (Ash) dahulu memulai perjalananya menjadi Pokemon Master dengan menangkap dan melatih ke-6 pokemon pertama dalam rotasi timnya. Setelah beberapa series berlalu, tiap anggota tim tersebut memiliki nasib yang berbeda, ada yang masih bersama Satoshi (Ash), dititipkan di bawah pengawasan karakter lainnya, hingga dilepaskan kembali kea lam karena satu dan lain hal. Berikut kondisi terbaru dari keenam pokemon tersebut, hingga series terbaru saat ini.

Pikachu

Lokasi : Bersama Satoshi (Ash)

Pikachu Satoshi
Pikachu Satoshi (© OLM)

Pada hari di mana Satoshi (Ash) bisa memilih trio starter pokemon untuk memulai perjalanannya menjadi seorang pokemon trainer, dia kesiangan dan terlambat datang ke laboratorium milik Prof. Oak. Akibatnya dia tidak bisa memilih satupun pokeball berisi trio starter pokemon versi original dari generasi pertama franchise Pokemon kala itu, akhirnya Satoshi terpaksa menerima pokeball yang berisi Pikachu yang tersisa.

Pokemon yang hingga kini menjadi ikon utama dari franchise Pokemon tersebut selalu membersamai Satoshi di setiap petualangannya di tiap region semesta Pokemon, berbeda dengan pokemon lain milik Satoshi yang silih berganti tampil di alur utama cerita.

Uniknya hubungan keduanya tidak langsung sebaik seperti saat ini, berawal dari Satoshi yang terpaksa menerima pokeball berisi Pikachu yang juga tidak mau menuruti perintah Satoshi di awal pertemuannya, Pikachu akhirnya mulai menaruh respect dan menjadi loyal pada Satoshi setelah dirinya diselamatkan oleh Satoshi. Pikachu memiliki karakter yang friendly dan sangat bersemangat untuk melakukan battle pokemon, mirip dengan Satoshi.

Uniknya pokemon ini tidak ingin dimasukan kembali ke pokeball sehingga selalu terlihat berada di samping Satoshi,  selain itu Pikachu milik Satoshi juga menolak untuk berevolusi, meski begitu Pikachu milik Satoshi adalah salah satu pokemon terkuat dan andalan dalam timnya, terlebih Pikachu juga disebutkan memiliki kapasitas listrik lebih besar dari pada Pikachu lainnya. Apalagi Pikachu juga bisa menggunakan form Gigantamax serta menggunakan Z-Move yang menjadi penentu kemenangan dalam battle terakhir di region Alola sekaligus membuat Satoshi menjadi Champion untuk pertama kalinya di region tersebut.

Butterfree

Lokasi : Dilepaskan, bersama pink Butterfree

Butterfree Satoshi
Butterfree Satoshi (© OLM)

Setelah mendapatkan Pikachu dari Prof. Oak sebagai pokemon starter-nya, Satoshi (Ash) menangkap pokemon liar pertamanya sebagai seorang trainer ketika berhasil meng-capture seekor Catterpie tanpa melalui battle pokemon sebelumnya. Pokemon berbentuk ulat ini kemudian berevolusi menjadi Metapod dan kembali berevolusi menjadi Butterfree hanya dalam beberapa episode saja, menjadikannya sebagai pokemon pertama milik Satoshi yang berhasil berevolusi sekaligus yang pertama juga mencapai bentuk akhir dari garis evolusi pokemon milik Satoshi.

Uniknya Butterfree juga menjadi pokemon pertama yang di-trade dengan pokemon miliki trainer lain, walaupun akhirnya di-trade kembali oleh Satoshi serta menjadi pokemon pertama yang dilepaskan kembali ke alam liar oleh Satoshi. Karena Butterfree ingin matting atau istilah mudahnya ingin kawin dengan seekor Butterfree liar berwarna pink, sehingga Satoshi melepaskannya kala itu agar Butterfree miliknya dapat berpartisipasi pada musim kawin.

Awalnya pokemon ini memiliki karakter yang lemah dan penakut kala masih berwujud Catterpie. Mengalami krisis kepercayaan kepada Satoshi ketika menjadi Metapod. Namun, mulai menjadi sedikit pemberani setelah menjadi Butterfree.

Pidgeot

Lokasi : Dilepaskan di Viridian Forrest, bersama kawanan Pidgey dan Pidgetto

Pidgeot Satoshi
Pidgeot Satoshi (© OLM)

Satoshi (Ash) memiliki tren untuk menangkap pokemon tertentu di tiap region baru yang disinggahinya, salah satu tren yang masih berlanjut adalah Satoshi selalu menangkap pokemon berbentuk burung di setiap region dimulai dari series anime Pokemon original yang pertama hingga yang terbaru saat ini di Pokemon Jorneys. Salah satu pokemon berbentuk burung pertama yang ditangkap oleh Satoshi adalah Pidgeotto, pokemon ini ditangkap hanya beberapa waktu setelah Satoshi berhasil meng-capture Caterpie dalam episode yang sama.

Pidgeotto kemudian berevolusi menjadi Pidgeot dan dilepaskan oleh Satoshi di Viridian Forest. Pidgeot berpisah dengan Satoshi guna menjaga dan mengawasi kawanan Pidgey dan Pidgeotto -kawanan pokemon bentuk pra-evolusi dari Pidgeot- yang selalu diserang oleh Fearow. Uniknya dari seluruh pokemon dari tim original milik Satoshi, hanya Pidgeot satu-satunya pokemon yang selama penampilannya terlihat tidak pernah memiliki “friksi” dengan Satoshi, terlebih karena porsi tampilnya yang memang lebih sedikit daripada 5 pokemon original lainnya. Meski begitu Pidgeot adalah pokemon yang loyal pada Satoshi selamanya penampilannya.

Bulbasaur

Lokasi : Dititipkan di Laboratorium Prof. Oak

Bulbasaur Satoshi
Bulbasaur Satoshi (© OLM)

Bulbasaur adalah pokemon pertama dari ketiga starter pokemon -yang bisa dipilih dalam gim- yang kemudian berhasil di-capture oleh Satoshi (Ash). Dalam tim original milik Satoshi, Bulbasaur adalah figure pemimpin dalam kelompok, terlebih karena sikapnya yang terlihat paling mature serta memiliki jiwa leadership dibanding pokemon lainnya dalam tim, hingga menjadi salah satu pokemon andalan Satoshi dalam battle, bersama dengan Pikachu serta Squirtle -dibandingkan Charizard yang jarang dipilih karena sulit diatur-.

Dalam tim, Bulbasaur terlihat sangat akrab dengan Squirtle meskipun keduannya memiliki kepribadian yang saling bertolak belakang. Uniknya pokemon ini menolak untuk berevolusi, bahkan sempat diculik oleh para Bulbasaur lainnya untuk mengikuti festival evolusi di Mysterious Garden. Namun, karena keinginan kuatnya untuk menolak evolusi, dirinya tetap dalam wujud Bulbasaur ketika Bulbasaur lain berevolusi menjadi Ivysaur ketika festival berlangsung.

Bulbasaur awalnya tinggal di Hidden Village bersama Melanie yang merawat para pokemon yang terluka dan dibuang oleh trainernya. Riwayat inilah yang membuat Bulbasaur sempat memiliki trust issue pada Satoshi akibat penggambaran seorang trainer pokemon dari para pokemon buangan yang tinggal di Hidden Village. Saat ini Bulbasaur dititipkan di laboratorium Prof. Oak bersama pokemon lainnya dan bertindak sebagai penengah dalam setiap konflik di sana, Bulbasaur juga beberapa kali muncul kembali dalam alur cerita utama.

Charizard

Lokasi : Dititipkan di Laboratorium Prof. Oak

Charizard Satoshi
Charizard Satoshi (© OLM)

Charizard dalam tim original adalah salah satu pokemon terkuat sekaligus andalan Satoshi dalam battle pokemon. Namun, pokemon ini juga adalah sang trouble maker dalam tim karena sering kali menolak menuruti perintah Satoshi dan juga kerap kali menyulut “friksi” dengan pokemon lainnya.

Pokemon ini ditangkap oleh Satoshi kala masih berwujud Charmander setelah dilepaskan dan ditinggalkan oleh trainer sebelumnya. Kepribadiannya mulai berubah setelah berevolusi menjadi Charmeleon dan sangat terobsesi dengan kekuatan, kejadian ini semakin parah setelah Charmeleon kembali berevolusi menjadi Charizard.

Pokemon ini mulai tidak menuruti Satoshi, menolak intruksi yang diberikan hingga menolak bertanding setelah dikeluarkan dari pokeball. Kejadian tersebut terjadi setelah Charizard merasa dirinya terlalu kuat untuk dilatih oleh Satoshi yang dirasa kurang kompeten. Singkat cerita setelah sempat dititipkan pada trainer lain dan kejadian lainnya, Charizard akhirnya mulai menjadi lebih friendly dan kembali menaruh respect pada Satoshi dan menjadi salah satu pokemon terkuatnya hingga kini. Charizard kini dititipkan di laboratorium Prof. Oak bersama pokemon Satoshi lainnya, namun beberapa kali tampil kembali di alur utama.

Squirtle

Lokasi : Dititipkan pada Opsir Jenny, bersama Squirtle Squad sebagai Firefighter Squad

Squirtle Satoshi bersama Squirtle Squad
Squirtle Satoshi bersama Squirtle Squad (© OLM)

Squirtle menjadi pokemon terakhir dari trio starter region Kanto yang ditangkap oleh Satoshi setelah Bulbasaur dan Charmander. Squirtle memiliki kepribadian yang jenaka dan usil, namun, uniknya dia malah sangat akrab dengan Bulbasaur yang memiliki kepribadian bertolak belakang dengannya dalam tim original milik Satoshi.

Sebelum menjadi pokemon Satoshi, awalnya Squirtle adalah pemimpin dari Squirtle Squad yang berisi para Squirtle yang dibuang oleh trainernya. Meskipun bersifat kekanak-kanakan Squistle adalah figure pemimpin yang mempuni bagi kelompoknya.

Seperti Bulbasaur dan Pikachu, Squirtle tidak menunjukkan intensi untuk dapat berevolusi karena dalam wujudnya saat ini pun komptensinya dalam battle sudah dapat diandalkan. Dalam kemunculan pertamanya pokemon ini mengenakan kacamata hitam khusus yang menjadi atribut kelompoknya, meskipun dalam penampilan setelahnya hanya dikenakan sesekali.

Squirtle kerap kali dititipkan pada Opsir Jenny guna kembali memimpin skuad lamanya yang kini telah bertugas menjadi Firefighter Squad atau pemadam kebakaran di region Kanto. Namun begitu, saat dibutuhkan dalam turnamen dan sebagainya, Squirtle dapat dipanggil kembali oleh Satoshi dan diantarkan oleh Opsir Jenny. Saat ini Squirtle berada bersama Squirtle Squad di bawah pengawasan Opsir Jenny.

Tertarik pada literatur tentang Biologi, sejarah peradaban kuno dan pop culture Jepang

Posting Komentar

-->