4 Pelajaran dari Perjalanan Bojji di Ousama Ranking, Belajar Mendengarkan Masalah Tiap Orang dari si Pangeran Tuli

Ousama Ranking atau Ranking of Kings baru saja berakhir. Banyak pelajaran dari perjalanan Bojji si pangeran tuli simak empat pelajaran dari perjalanan

Ousama Ranking – Serial anime Ousama Ranking atau Ranking of Kings baru saja merampungkan cerita season pertamanya pada 25 Maret 2022. Anime dengan genre fantasi serta petualang ini cukup saya rekomendasikan untuk ditonton karena digarap oleh WIT Studio dengan begitu baik serta unik. 

Mulai dari segi grafis yang alih-alih mengikuti tren adaptasi anime saat ini dengan pemberian gambaran desain karakter yang  "harus" keren dengan penggambaran mendetail pada tiap tokoh dengan pengambilan latar visual yang gelap agar tiap adegan terkesan badass, anime Ousama Ranking justru tampil dengan mengadaptasi ilustrasi yang penuh warna dengan desain karakter yang simpel dan lucu, mengingatkan penonton pada tampilan anime jadul tempo dulu serta art style ala Ghibli. 

Selain itu dari segi penulisan cerita, juga tak kalah baiknya, dimana selama waktu menonton saya diberi kesan bahwa kualitas cerita yang disajikan cukup apik hingga membuat saya sering kali dibuat terkejut dengan suguhan plot twist di dalamnya sekaligus beberapa kali dibuat terharu dan sedih selama menonton.

Alur Cerita yang Mengagetkan Membuat Kalian Berpikir Sebelum Menilai Orang
Penampilan Pangeran Bojji (© WIT Studio)

Sinopsis Ousama Ranking

Sebelum membahas terlalu panjang saya akan menceritakan tentang sinopsis dari Ousama Ranking terlebih dahulu, pada suatu kerajaan hiduplah seorang pangeran bernama Bojji, meskipun terlahir sebagai putra pertama namun Bojji terlahir dengan keadaan tuli serta bisu ditambah lagi dia memiliki keadaan fisik yang lemah. Keadaan Bojji ini membuat banyak orang yang menyangsikan kemampuannya untuk menjadi raja, bahkan hingga mengolok-olok dirinya. 

Dalam dunia Ousama Ranking terdapat suatu sistem penilaian yang mengatur ranking para raja dimana raja peringkat pertama akan diakui di seluruh penjuru dan memiliki wewenang untuk memasuki ruang harta yang bisa mengabulkan keinginan pemenang. 

Memiliki keterbatasan fisik tidak membuat Bojji rendah diri, meskipun dengan kondisinya Bojji tetap bertujuan untuk menempati posisi raja peringkat pertama, kelak saat dia telah menjadi raja. 

Biarpun memiliki fisik yang lemah, Bojji ternyata memiliki hati dan keinginan yang kuat bukan? 

Pada suatu hari Bojji diserang oleh sebuah makhluk bayangan bernama Kage yang mencoba merampok dirinya. Namun alih-alih merasa trauma, Bojji justru datang menemui Kage di hari-hari berikutnya untuk sengaja dirampok lagi olehnya, sebenarnya tujuan Bojji hanya sekedar untuk berteman dengan Kage, yang Bojji rasa membutuhkan hartanya.

Setelah banyak kejadian beralalu, Kage kemudian benar-benar menjadi sahabat Bojji dan terus berada di sisi Bojji dalam petualangannya. Bahkan dalam petualangan kala Bojji berjuang menghilangkan trauma serta ketakutannya di masa lalu demi bisa menjadi raja terbaik kelak. 

Perjalanan Bojji ini cukup inspiratif menurut saya bahkan memiliki nilai-nilai yang layak untuk didengar dan dibaca oleh semua penonton. Selanjutnya saya akan menuliskan empat pelajaran yang saya temukan dalam cerita Ousama Ranking.

Sinopsis Ousama Ranking
Poster anime Ousama Ranking terlihat penampilan Bojji dan Kage dibeberapa episode awal (© WIT Studio)


Spoiler warning karena seterusnya akan menceritakan alur cerita Ousama Ranking

1. Alur Cerita yang Mengagetkan Membuat Kalian Berpikir Sebelum Menilai Orang

Anime yang digarap oleh WIT Studio ini seperti sudah dikatakan sebelumnya memiliki plot twist dalam cerita yang mengagetkan, membuat para penonton belajar untuk tidak menghakimi suatu karakter sebelum mengetahui alasan dan latar belakangnya.

Saya sendiri sering tergocek dengan sifat dari para karakter sampingan hingga karakter utama yang ada di cerita. Contoh saja karakter Bebin, yaitu salah seorang dari Big Four kerajaan Bosse yang diawal kemunculan disebut sebagai instruktur pedang pangeran Daida, adik Bojji. Membuat saya berpikir tokoh ini akan melakukan hal buruk pada Bojji untuk kedepannya, namun terungkap bahwa justru karakter ini cukup perduli dan sering kali berusaha menyelamatkan Bojji dalam bahaya secara sembunyi-sembunyi. 

Adapula ratu Hilling yang sebagai Ibu tiri Bojji, impresinya digambarkan sebagai ibu tiri yang tidak perduli dengan Bojji di awal cerita. Namun sebenarnya Hilling sangat perduli pada Bojji tapi hanya saja tidak mau menunjukkan sikapnya alias tipe Ibu tiri Tsundere hehehe. 

Hal ini  dapat terlihat dari suatu adegan dalam bagian awal cerita Ousama Ranking, yaitu ketika aksinya menyembuhkan luka Bojji yang cukup parah setelah berduel dengan Daida di malam hari, saat Bojji tidur dan tidak sadarkan diri. 

Alur Cerita yang Mengagetkan Membuat Kalian Berpikir Sebelum Menilai Orang
Ratu Hilling yang terlihat mengasihi Bojji kecil (© WIT Studio)

Sebenarnya bahkan untuk para antagonis utama dalam Ousama Ranking saya rasa tidak ada yang pure jahat. Beberapa aksi para villain terjadi karena terdapat trauma masa lalu atau takdir buruk yang membuat karakter antagonis dalam cerita bersikap tidak sejalan dengan norma baik masyarakat.

Setelah menonton Ousama Ranking diharapkan kita akan belajar untuk tidak mudah menghakimi tingkah dan perangai buruk seseorang, mungkin ada sebab dan alasan yang perlu kamu dengarkan ceritanya terlebih dahulu.

2. Belajar Memaafkan dan Menghadapi Trauma seperti Pangeran Bojji

Pada awal kemunculannya Bojji diceritakan memiliki kepribadian yang baik dan tulus, bisa dilihat dari sikapnya yang tidak marah meskipun diejek penduduk hingga momen dimana tahta raja yang diwasiatkan diteruskan kepada dirinya oleh mendiang ayahnya, kemudian dilanggar sampai akhirnya Daida yang diangkat sebagai raja selanjutnya.

Persekongkolan itu tetap diterima oleh Bojji meskipun sempat ada rasa kecewa dan sedih yang dia rasakan.

Jika ada satu momen yang sulit Bojji terima, hanya saat Domas yang merupakan salah satu Big Four kerajaan Bosse sekaligus guru berpedang Bojji yang sudah sangat dekat dengan dirinya karena sedari kecil telah menemani Bojji, ternyata mencoba untuk membunuhnya dengan membuangnya ke dalam jurang dunia bawah.

Peristiwa ini membuat Bojji dilanda rasa trauma dan rasa tidak percaya pada orang-orang yang sebelumnya bersamanya. Tapi setelah masa pelatihannya di bawah bimbingan seorang guru dalam perjalanannya yang selalu didampingi oleh Kage.

Membuat Bojji dapat kembali menjadi versi Bojji yang lebih baik lagi dari segi kemampuan bertarung serta mental hingga dia memutuskan kembali ke kerajaan dan melawan traumanya akibat suatu peristiwa penting.

Di akhir cerita Bojji mulai memaafkan perbuatan orang-orang terhadapnya di masa lampau termasuk Domas hingga Miranjo yang ternyata adalah dalang kematian Ibu kandungnya. Meskipun bertubuh kecil, Bojji tidak lantas memiliki hati yang kecil juga, dari Bojji kita dapat belajar menghadapi trauma dan berbesar hati untuk bisa memaaafkan.

Belajar Memaafkan dan Menghadapi Trauma Seperti Pangeran Bojji
Bojji berusaha keras menggangkat pedang (© WIT Studio)

3. Impian Tidak Boleh Dicapai Melalui Perbuatan Buruk

Beberapa karakter antagonis di Ousama Ranking diceritakan melakukan suatu perbuatan buruk demi menggapai impian dan keinginan mereka. 

Mulai dari Raja Bosse atau ayah Bojji yang demi mendapat kekuatan agar menjadi yang terkuat dia menumbalkan anaknya sehingga Bojji yang sebagai keturunan raksasa seharusnya memiliki fisik dan kekuatan yang besar berakhir menjadi anak yang lemah dan bertubuh kecil.

Daida, adik Bojji yang terobsesi dengan tahta raja berbuat segala macam cara agar dirinya dapat menjadi raja, hingga Miranjo yang melakukan banyak hal buruk seperti membunuh hingga melakukan perjanjian dengan iblis demi menolong raja Bosse memenuhi impiannya.

Namun nasib ketiganya setelah merasakan impiannya terwujud, pada saat itu juga menerima kekosongan di hati mereka atas penyesalan akan perbuatannya serta adanya balasan kemalangan yang menyertai mereka akibat dosa yang diperbuat.

Dari kehidupan mereka kita belajar bahwa karma berjalan padamu sesuai perbuatanmu jadi jangan sampai campurkan impian baikmu dengan suatu tindakan tercela. Bila tidak, maka akan ada balasan yang akan kamu terima, tiba-tiba mendatangimu dan mengurangi kenikmatan dari pencapaian impianmu.

Mendapatkan Sesuatu Tidak Boleh dengan Perbuatan Buruk
Miranjo yang memperhatikan kelahiran Bojji (© WIT Studio)

4. Impian Bisa Berubah jadi Ikutilah Kebahagianmu

Di akhir cerita Bojji memenuhi impiannya dan menjadi raja, namun Kage yang merasa tidak pantas berada di sisi Bojji dalam hingar bingar kerajaan dan masa lalunya yang bisa memperburuk citra Bojji kedepannya pun memilih pergi dan memulai kehidupannya sendiri. 

Bojji yang merasa kehilangan sahabatnya memerintah dengan kekosongan dalam jiwanya, sampai pada akhirnya Bojji menyadari bahwa impiannya kini bukan lagi menjadi raja, karena kebahagiannya justru datang selama masa bertualang bersama sahabatnya Kage.

Bojji kemudian memutuskan menemui Kage yang rupanya serupa dengannya, Kage juga merasakan kekosongan dalam kehidupan barunya tanpa sahabatnya. Bojji pun menyatakan impiannya kini adalah bukan menjadi raja kerajaan Bosse melainkan kembali pergi bertualang dan membuat kerajaannya sendiri bersama sahabatnya persis yang dilakukan mendiang Ayahnya dahulu. 

Bojji kemudian menyerahkan dan mempercayakan kerajaan kembali pada adiknya Daida bersama Ibu Tirinya serta para pengikut setianya di kerajaan Bosse. 

Poin yang kita dapat dari premis akhir yang menutup cerita Ousama Ranking adalah bila kalian telah berada di suatu keadaan yang disukai orang banyak bahkan juga kita impikan sejak dahulu serta selalu kita perjuangkan. Namun kalian merasakan kekosongan di sana setelahnya, mungkin itu bukan keadaan atau posisi yang benar-benar kalian inginkan, bisa jadi kalian hanya mengikuti keinginan dari orang di sekitar kalian lalu menjadikannya sebagai tujuan. 

Ikutilah keinginanmu sendiri karena niscaya kebahagian adalah sesuatu yang bisa kamu tentukan dan ciptakan dengan sendirinya bukan berdasarkan keinginan orang lain.

Belajar Memaafkan dan Menghadapi Trauma Seperti Pangeran Bojji
Bojji menemui Kage untuk berpetualang kembali (© WIT Studio)

Setelah menonton Ousama Ranking banyak pembelajaran yang bisa kalian dapatkan selain yang sudah saya sebutkan di atas, serta baiknya harus kalian temukan sendiri setelah kalian menonton perjalanan pangeran Bojji, anime ini masih bisa kalian tonton secara legal di layanan streaming seperti iQiyi dan pastinya tidak akan memakan banyak waktumu karena penayangan season pertamanya hanya berjumlah 23 episode saja.

Jadi kalau ada waktu senggang cobalah untuk menonton petualangan Bojji dan Kage ya.

Tertarik pada literatur tentang Biologi, sejarah peradaban kuno dan pop culture Jepang

Posting Komentar

-->